1.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang menjadi alasan adanya
audit di bidang teknologi sistem informasi!
Jawab :
Faktor-faktor yang mendorong
pentingnya kontrol dan audit sistem informasi adalah :
·
Mendeteksi
agar komputer tidak dikelola secara kurang terarah.
·
Mendeteksi
resiko kehilangan data.
·
Mendeteksi
resiko pengambilan keputusan yang salah akibat informasi hasil proses sistem
komputerisasi salah/lambat/tidak lengkap.
·
Menjaga
aset perusahaan karena nilai hardware, software dan personil yang lazimnya
tinggi.
·
Mendeteksi
resiko error komputer.
·
Mendeteksi
resiko penyalahgunaan komputer (fraud).
·
Menjaga
kerahasiaan
·
Meningkatkan
pengendalian evolusi penggunaan komputer
2. Jelaskan apa tujuan yang ingin
dicapai dengan dilakukannya audit teknologi sistem informasi!
Jawab :
1. Mengamankan Aset
Aset informasi milik perusahaan
seperti software, hardware, SDM, dan file data harus selalu dijaga dalam suatu
sistem pengendalian internal yang baik agar bisa menghindari adanya
penyalahgunaan aset perusahaan. sehingga, sistem pengamanan aset menjadi hal
yang sangat penting yang harus disediakan oleh pihak perusahaan.
2. Menjaga Integritas Data
Pada dasarnya, integritas data adalah
salah satu konsep dasar yang terdapat dalam sistem informasi. Data itu sendiri
terdiri dari berbagai atribut tertentu, seperti kebenaran, keakuratan dan juga
kelengkapan. Bila integritas data tidak bisa terpelihara dengan baik, maka
suatu perusahaan tidak akan bisa lagi mempunyai hasil atau laporan yang baik,
bahkan sangat mungkin mengalami kerugian.
3. Menjaga Efektivitas Sistem
Efektivitas sistem informasi pada
suatu perusahaan memiliki peranan yang penting dalam proses pengambilan
keputusan. Suatu sistem informasi dapat dikatakan efektif hanya jika sistem
informasi tersebut telah sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
4. Menjaga Efisiensi Sistem
Efisiensi adalah suatu hal yang
sangat penting saat suatu komputer sudah tidak lagi mempunyai kapasitas yang
cukup atau harus melakukan evaluasi lagi apakah efisiensi sistem di dalamnya
masih cukup atau harus menambah sumber daya.Kenapa? karena suatu sistem bisa
dikatakan efisien bila sistem informasi di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan
pengguna dengan sumber daya informasi yang rendah.
3.
Sebutkan dan jelaskan apa saja yang dibutuhkan dalam audit teknologi
sistem informasi!
Jawab :
1. Perencanaan Audit (Planning The
Audit)
Fase pertama dari kegiatan audit
sistem informasi adalah perencanaan. Untuk auditor eksternal, hal tersebut
dilakukan dengan melakukan investigasi pada klien agar bisa mengetahui apakah
pekerjaan auditnya bisa diterima, menempatkan anggota audit, menghasilkan
perjanjian audit yang sudah ditentukan, menghasilkan informasi latar belakang
klien, memahami masalah hukum klien, dan juga menganalisa prosedur yang ada
agar bisa memahami bisnis klien dan mengidentifikasi risiko audit di dalamnya.
2. Pengujian Pengendalian (Test Of
Controls)
Dalam tahapan ini, pihak auditor akan
melakukan tes kontrol saat mereka mengatakan bahwa kontrol resiko ternyata
berada pada level yang maksimal, sehingga mereka akan mengandalkan kontrol
sebagai acuan untuk pengurangan biaya testing yang ada. Dalam fase ini juga
pihak auditor tidak akan mengetahui apakah identifikasi kontrol sudah berjalan
secara efektif, untuk itu dibutuhkan evaluasi yang lebih detail.
3. Pengujian Transaksi (Test Of
Transaction)
Pihak auditor akan memanfaatkan test
atas transaksi yang ada untuk mengevaluasi apakah ada kesalahan ataupun proses
yang tidak biasa terjadi pada kegiatan transaksi hingga bisa mengakibatkan
kesalahan pencatatan material di dalam laporan keuangan. Tes transaksi di
dalamnya mencakup menelusuri jurnal dari sumber dokumen yang ada, memeriksa berkas,
dan juga memeriksa keakuratan data.
4. Pengujian Keseimbangan atau
Keseluruhan Hasil
Agar bisa mengetahui pendekatan apa
yang digunakan dalam fase ini, maka yang harus diperhatikan adalah mengamati
harga dan kesatuan data perusahaan. Beberapa jenis tes substantif yang akan
digunakan adalah menghitung persediaan fisik, melakukan konfirmasi utang, dan
juga melakukan perhitungan ulang pada aktiva tetap perusahaan.
5. Penyelesaian / Pengakhiran Audit
Dalam fase audit akhir, pihak audit
eksternal akan melakukan beberapa tes tambahan atas bukti yang ada agar
nantinya bisa dijadikan sebagai bahan laporan. Ruang lingkup audit sistem
informasi ini umumnya lebih fokus pada seluruh sumber daya informasi yang
tersedia, seperti aplikasi, infrastruktur, personil, dan juga informasi.
No comments:
Post a Comment