Tren Teknologi Informasi
Di Masa Depan
Awalnya di Indonesia
penggunaan TI tergolong masih minim. Karena hanya daerah kota-kota besar saja
yang dapat dengan leluasa menikmati TI. Namun sekarang sudah terjadi
perkembangan TI sehingga yang di pelosok negeri pun dapat menggunakan teknologi
informasi. Bahkan kini teknologi informasi dianggap sebagai kebutuhan pokok
masyarakat. Dengan begitu menandakan bahwa perkembangan teknologi informasi sudah
sangat pesat sekali.
![https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/penemuan-teknologi-ilustrasi-_170125232749-341.jpg](file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Perkembangan era teknologi saat ini sangat berdampak pada pola hidup masyarakat dunia tentang penggunaan teknologi informasi. Hal tersebut salah satunya dapat ditemukan pada bidang Pendidikan. Kemajuan teknologi informasi kini telah menggeser pendidikan tatap muka menjadi pendidikan era digital. Dalam artian, dengan adanya teknologi informasi ini siswa dapat mendapat ilmu tidak hanya dengan cara bertatap muka dengan gurunya. Namun bisa mengakses internet untuk mendapat materi – materi yang akan dipelajari. Contoh saja beberapa web les online seperti zenius, quipper, ruangguru, dll. Peran teknologi informasi apabila diterapkan untuk pembelajaran dirasa cukup efektif membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan dengan baik. Itu juga mempengaruhi bagaiamana wujud generasi muda di masa depan.
Berikut manfaat teknologi informasi terhadap kegiatan belajar mengajar :
1. Kemudahan mengakses informasi secara cepat
2. Dapat menghemat waktu dan biaya (seperi perpus online, jadi siswa tidak harus membeli buku)
3. Pembelajaran lebih dinamis dan fleksibel
4. Siswa tetap dapat melakukan pembelajaran meskipun jaraknya jauh
Berdasarkan pernyataan di atas bahwa teknologi informasi saat ini memiliki peran yang cukup penting dalam dunia Pendidikan, baik dari segi proses belajar siswa maupun proses mengajar guru. Pada dasarnya teknologi informasi harus tetap diasah supaya di masa depan kita dapat memanfaatkannya secara optimal.
2. BIDANG PEMERINTAHAN
Penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah, seperti menggunakan internet untuk menghubungkan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan baru seperti : G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government)
Manfaat teknologi informasi pada bidang pemerintahan antara lain :
1. Pemberdayaan pada masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
2. Informasi yang disediakan 24 jam per hari, 7 hari dalam seminggu tanpa harus menunggu kantor dibuka ataupun harus mencari alamat kantor tsb
3. Pelaksanaan pemerintah yang lebih efisien dan baik.
Tuntutan publik saat ini mendesak pemerintah untuk terus mengembangakan system informasi demi keterbukaan dan informasi yang valid. Untuk mengatasi paradigma baru, pemerintah harus mengikuti perkembangan zaman saat ini.
3. BIDANG EKONOMI
Pertumbuhan ekonomi seiring dengan perkembangan teknologi dianggap memacu kemampuan produktivitas dunia industri, baik dari aspek teknologi industry maupun investasi. Hal tersebut sebagai pemacu dikembangkannya E-Commerce yang memungkinkan konsumen berkontak langsung dengan produsen yang menjadi owner suatu produk dan memungkinkan seseorang untuk tidak ke toko secara langsung melainkan memesan pesanannya di via online.
Saat ini, banyak pelaku ekonomi yang tidak lagi menggunakan tunai sebagai alat bukti pembayaran, melainkan memilih untuk menggunakan kartu kredit yang lebih efisien dan praktis. Hal ini mendorong diadakannya layanan perbankan modern yang dapat diakses orang banyak.
Berikut manfaat yang dapat dirasakan dalam kemajuan teknologi informasi saat ini
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, hal ini ditunjukan dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan perangkat dan sistem yang berbasis Teknologi Informasi.
2. Tingkat produktifitas semakin tinggi, dalam hal ini di dunia industrialisasi dikarenakannya adanya otomatisasi dalam bidang perkantoran.
3. Terjadinya industrialisasi di berbagai daerah, hal ini ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju dan tidak hanya terjadi di kota- kota besar saja.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
4. BIDANG MEDIS
Pemanfaatan teknonogi informasi kini juga dapat di rasakan di bidang medis, sebut saja pada bagian administrasi dan rekam medisnya.dengan adanya teknologi informasi yang telah berkembang ini, mengelompokan, penyimpanan, serta pengolahan data menjadi lebih mudah . seperti saat hendak memeriksa data pasien dalam jumlah besar, maupun dapat mengecek stok obat yang ada di RS. Bisa dibayangkan betapa sulitnya melakukan hal diatas dengan cara manual. Belum lagi dengan system manual akan lebih rentan akan kesalahan yang dilakukan petugas.
Berikut manfaat yang dapat dirasakan akan perkembangan TI di bidang kesehatan
1. Memudahkan system peng administrasian data pasien
2. Memudahkan perekam medis utuk mengakses rekam medis elekronik pasien.
3. Memudahkan petugas farmasi dalam pengelompokan jenis, harga, dan dosis obat
4. Memudahkan dokter dalam pendiagnosisan pasien secara elektronik
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG BERPENGARUH DI MASA DEPAN
Artificial Intelligence (Kecerdasan
Buatan)
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang
ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Artificial
Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai
kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap
komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang
menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang
kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah.
Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral,
membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia
kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk
direalisasikan dalam Informatika. Seperti
contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki
konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada
ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang
cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk
mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk
contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk
menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan,
suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri,
yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.
Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan,
teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi
perangkat lunak komputer rumah dan video game
Robot humanoid
adalah robot yang
penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia,
mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang
dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua
buah lengan dan
dua kaki, meskipun ada
pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh
manusia, misalnya dari pinggang ke
atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan
robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia.
Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu
pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia
(biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid.
Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
Komputer Kuantum
Komputer kuantum adalah
alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisidan keterkaitan,
untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung
dengan bit; dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan
dengan qubit.
Prinsip dasar komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat
digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat
digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk
mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang
sesuai dengan prinsip kuantum.
Ide mengenai komputer
kuantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari
IBM, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch
dari University of Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of
Technology (Caltech).
Pada awalnya Feynman
mengemukakan idenya mengenai sistem kuantum yang juga dapat melakukan proses
penghitungan. Fenyman juga mengemukakan bahwa sistem ini bisa menjadi simulator
bagi percobaan fisika kuantum.
Selanjutnya para
ilmuwan mulai melakukan riset mengenai sistem kuantum tersebut, mereka juga
berusaha untuk menemukan logika yang sesuai dengan sistem tersebut. Sampai saat
ini telah dikemukaan dua algoritma baru yang bisa digunakan dalam sistem
kuantum yaitu algoritma
shor dan algoritma
grover.
Walaupun komputer kuantum
masih dalam pengembangan, telah dilakukan eksperimen dimana operasi komputasi
kuantum dilakukan atas sejumlah kecil Qubit.
Riset baik secara teoretis maupun praktik terus berlanjut dalam laju yang
cepat, dan banyak pemerintah nasional dan agensi pendanaan militer mendukung
riset komputer kuantum untuk pengembangannya baik untuk keperluan rakyat maupun
masalah keamanan nasional seperti kriptoanalisis.
Telah dipercaya dengan
sangat luas, bahwa apabila komputer kuantum dalam skala besar dapat dibuat,
maka komputer tersebut dapat menyelesaikan sejumlah masalah lebih cepat
daripada komputer biasa. Komputer kuantum berbeda dengan komputer
DNAdan komputer klasik berbasis transistor, walaupun mungkin
komputer jenis tersebut menggunakan prinsip kuantum mekanik. Sejumlah
arsitektur komputasi seperti komputer
optik walaupun menggunakan superposisi klasik dari gelombang
elektromagnetik, namun tanpa sejumlah sumber kuantum mekanik yang spesifik
seperti keterkaitan, maka tak
dapat berpotensi memiliki kecepatan komputasi sebagaimana yang dimiliki oleh
komputer kuantum.
Teknologi Telematika Bidang Transportasi
Salah satu produk transportasi yang menerapkan layanan
telematika adalah Toyota. Karena menyadari semakin tingginya mobilitas
masyarakat, terutama di wilayah perkotaan, membutuhkan layanan penunjang yang
mampu membantu masyarakat untuk mencapai ke tujuannya dalam waktu singkat.
Toyota melihat peluang ini dengan mengembangkan disalah satu produksinya yang
memiliki layanan navigasi yang menyediakan informasi dan peta lengkap
lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer.
Teknologi Telematika di Pemerintahan
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi
pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang
mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI).
TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan pendayagunaan teknologi
telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.
Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam
e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistic,
surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.
Teknologi dalam Bidang Bisnis
Digitalisasi
Pada dekade lalu, TI telah mengalami berbagai perubahan. Kita telah bergerak dari grid ke cloud, dari arsitektur yang berorientasi layanan ke microservices, dan dari virtualisasi mesin ke teknologi container.
Namun, transisi lain berlangsung secara diam-diam. Berbagai teknologi dan kekayaan intelektual yang ada semakin terekspos dalam software, dalam suatu tren yang disebut para analis industri sebagai digitalisasi.
Digitalisasi telah didorong oleh konvergensi, dan keselarasan tren-tren sosial, ekonomi, dan teknologi. Digitalisasi semua hal, mulai dari solusi mobile hingga privasi dan keamanan, akan menjadi sumber diferensiasi kompetitif oleh perusahaan yang menjalankannya secara benar.
Pada dekade lalu, TI telah mengalami berbagai perubahan. Kita telah bergerak dari grid ke cloud, dari arsitektur yang berorientasi layanan ke microservices, dan dari virtualisasi mesin ke teknologi container.
Namun, transisi lain berlangsung secara diam-diam. Berbagai teknologi dan kekayaan intelektual yang ada semakin terekspos dalam software, dalam suatu tren yang disebut para analis industri sebagai digitalisasi.
Digitalisasi telah didorong oleh konvergensi, dan keselarasan tren-tren sosial, ekonomi, dan teknologi. Digitalisasi semua hal, mulai dari solusi mobile hingga privasi dan keamanan, akan menjadi sumber diferensiasi kompetitif oleh perusahaan yang menjalankannya secara benar.
'Containerized' IT
Containerization adalah alternatif ringan dari virtualisasi mesin secara penuh yang mencakup penempatan aplikasi dalam sebuah container di lingkungan operasinya sendiri. Dalam lingkungan perusahaan saat ini, container telah mentransformasi TI dengan cepat dan menarik perhatian luar biasa karena keuntungan beragam yang diberikannya.
Sebanyak 67 persen responden dalam survei yang disponsori Red Hat baru-baru ini yang melibatkan para pengambil keputusan IT global dan pekerja profesional berencana mengaplikasi aplikasi berbasis container dalam waktu dua tahun ke depan.
Tahun yang juga menggembirakan untuk
PaaS
Platform-as-a-Service (PaaS) telah mendapatkan dukungan industri yang sangat kuat selama beberapa tahun belakangan. Namun, 2015 dapat menandai sebuah babak baru dalam sejarah PaaS. Docker mempopulerkan konsep containerization, dan dunia mengakui kelayakan arsitektur berbasis container ini. Kini perusahan beralih dari menanyakan tentang container sebagai bagian dari roadmap ke pertanyaan mengenai rincian implementasi. Tahun lalu menunjukkan semakin banyak perusahaan lebih memilih PaaS sebelum Infrastructure-as-a-service (IaaS) sebagai pondasi strategi cloud privat/hybrid mereka.
Platform-as-a-Service (PaaS) telah mendapatkan dukungan industri yang sangat kuat selama beberapa tahun belakangan. Namun, 2015 dapat menandai sebuah babak baru dalam sejarah PaaS. Docker mempopulerkan konsep containerization, dan dunia mengakui kelayakan arsitektur berbasis container ini. Kini perusahan beralih dari menanyakan tentang container sebagai bagian dari roadmap ke pertanyaan mengenai rincian implementasi. Tahun lalu menunjukkan semakin banyak perusahaan lebih memilih PaaS sebelum Infrastructure-as-a-service (IaaS) sebagai pondasi strategi cloud privat/hybrid mereka.
Melaju kencang untuk mobilitas
Perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan tren konsumerisasi TI yang semakin meningkat dan perangkat bergerak yang tersebar luas, karena mereka memiliki tujuan untuk mengembangkan berbagai aplikasi guna meningkatkan produktivitas karyawan dan kepuasan pelanggan. Sebuah studi menemukan bahwa 82 persen organisasi yang berencana untuk berinvestasi dalamsolusi-solusi manajemen perangkat mobile menciptakan berbagai kebijakan mengenai hal tersebut pada tahun 2015.
Mobilitas menjadi prioritas utama bagi banyak perusahaan dengan tujuan untuk mendorong inovasi, menyederhanakan efisiensi operasional, dan mengembangkan model-model bisnis baru. Perusahaan kini mencari solusi-solusi yang bisa mendukung pengembangan dan integrasi aplikasi–aplikasi enterprise secara cepat
Perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan tren konsumerisasi TI yang semakin meningkat dan perangkat bergerak yang tersebar luas, karena mereka memiliki tujuan untuk mengembangkan berbagai aplikasi guna meningkatkan produktivitas karyawan dan kepuasan pelanggan. Sebuah studi menemukan bahwa 82 persen organisasi yang berencana untuk berinvestasi dalamsolusi-solusi manajemen perangkat mobile menciptakan berbagai kebijakan mengenai hal tersebut pada tahun 2015.
Mobilitas menjadi prioritas utama bagi banyak perusahaan dengan tujuan untuk mendorong inovasi, menyederhanakan efisiensi operasional, dan mengembangkan model-model bisnis baru. Perusahaan kini mencari solusi-solusi yang bisa mendukung pengembangan dan integrasi aplikasi–aplikasi enterprise secara cepat
Sumber
·
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid
·
https://syarifsegaf.blogspot.co.id/2016/12/trend-sistem-informasi-dan-teknologi.html
·
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150824071719-185-73986/menyoroti-tren-teknologi-bisnis-di-masa-depan/
·
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
·
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_kuantum
·
http://desantagputra.blogspot.co.id/2015/10/perkembangan-telematika-pemanfaatan.html
·
http://blog-teknologiinformasi.blogspot.co.id/2015/03/perkembangan-it-masa-kini.html
·
Sumber
: http://seputarit.com/manfaat-tik-dibidang -pendidikan-dan ke
No comments:
Post a Comment