Sunday, 21 October 2018

ILMU SOSIAL DASAR

TUGAS 1


Nama                           : Rachma Fatmawati
NPM                           : 15118713
Kelas                           : 1KA15
Mata Kuliah                : Ilmu Sosial Dasar
Subject Tugas              :  I.       Pengertian
                                       II.      Tujuan
                                       III.     3 Kelompok Ilmiu Pengetahuan
                                       IV.     Perbedaan antara ISD dan IPS
                                       V.      Persamaan antara ISD dan IPS
                                       VI.     Ruang Lingkup ISD; 3 Golongan Bahan Pelajaran ISD

URL                              : https://vousmevoyez-amor.blogspot.com


I.          Pengertian

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian–pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti:
sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.


II.      Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tujuan umum: diselenggarakannya mata kuliah ilmu sosial dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.
Tujuan khusus:
a)      Memahami dan menyadari adnaya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b)      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
c)      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya, mempelajarinya secara kritis interdisipliner.
d)     Memahami jalan pikir para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penganggulangan maslaah sosial yang timbul dalam masyarakat.


III.       3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

a)     Natural Sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia,  Astronomi, Biologi, dan lain-lain.
b) Sosial Sciences (ilmu-ilmu social), terdiri: Sosiologi, Ekonomi, Politik, Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dan lain-lain.
c)   Humanities (ilmu-ilmu budaya), meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dan lain-lain.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut, maka ilmu sosial dasar dan ilmu budaya dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.

IV.       Perbedaan antara ISD dan IPS

a)      Ilmu sosial dasar diberikan diperguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
b)      Ilmu sosial dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c)      Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.


V.        Persamaan antara ISD dan IPS
a)      Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b)      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c)      Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.


VI.       Golongan Bahan Pelajaran ISD
Dibedakan atas tiga golongan, yaitu:
1.  Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam ilmu sosial dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
2.   Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kita pahami dan sadari bahwa didalam masyarakat selalu terdapat:
a)  Persamaan dan perbedaan kepentingan.
b) Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan atau konflik, kerja sama, kesetiakawanan antar individu atau golongan.
3.  Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut diatas, dapat dijabarkan lebih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat dioperasionalkan.
Konsorsium antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan ilmu sosial dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya:
1)  Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2)      Masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
3)      Masalah pemuda dan sosialisasi.
4)      Masalah hubungan antara warga negara dan Negara.
5)      Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6)      Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan.
7)      Masalah pertentangan–pertentangan sosial dan integrasi.
8)      Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.



Sumber:
MKDU
Ilmu Sosial Dasar
Harwantiyoko
Neitje F. Katuuk
Penerbit Gunadarma

No comments:

Post a Comment

Tugas 4 : Audit dan IT Forensic

1.        1. Jelaskan alasan apa audit teknologi informasi! Jawab :   Audit TI haruslah dilakukan untuk menjaga keamanan sistem informasi s...